• Kam. Apr 18th, 2024

UPT PUSKESMAS KADUR

Media Data & Informasi Puskesmas Kadur

Jenis Obat Nefrotoksik yang Bisa Memengaruhi Fungsi Ginjal

Byadmin

Sep 21, 2021

Nefrotoksik adalah efek toksik dari obat-obatan atau bahan kimia lain yang bisa yang bisa memberikan pengaruh buruk terhadap fungsi ginjal. Kerusakan pada ginjal bukan hal sepele, mengingat fungsinya yang sangat penting dalam tubuh manusia, termasuk detoksifikasi (mengeluarkan racun). 

Kenali lebih jauh tentang jenis obat yang bersifat nefrotoksik dan cara meminimalkan risikonya berikut ini. 

Ginjal memainkan peran penting dalam tubuh manusia. Berbagai fungsi ginjal antara lain:

  • Detoksifikasi
  • Pengaturan cairan ekstraseluler
  • Homeostasis
  • Pengeluaran hasil metabolisme yang beracun bagi tubuh

Beberapa jenis obat bisa bersifat nefrotoksik. Artinya, obat tersebut dapat memengaruhi kerja ginjal, entah itu penurunan fungsi atau, yang terberat, kerusakan ginjal. 

1. Aminoglikosida

Aminoglikosida adalah obat golongan antibiotik untuk mengobati infeksi bakteri tertentu. Kelompok ini termasuk obat nefrotoksik yang berpotensi merusak fungsi ginjal.Aminoglikosida bisa menyebabkan kerusakan pada tubulus ginjal sehingga tidak mampu menjalankan fungsinya dengan baik. Tubulus ginjal sendiri berfungsi mengangkut cairan tubuh dan darah menuju ginjal.  

2. NSAID 

Ibuprofen termasuk salah satu obat NSAID

Ibuprofen termasuk salah satu obat NSAIDObat jenis nonsteroid anti-inflammatory drugs (NSAID) adalah obat yang cukup familier untuk mengatasi peradangan, demam, hingga nyeri. Meski begitu, konsumsi jangka panjang tanpa pengawasan dokter juga dapat menyebabkan penurunan fungsi ginjal. Dalam hal ini, NSAID seperti diklofenak, bisa menyebabkan penurunan tekanan intraglomerulus yang berperan mempertahankan filtrasi glomerulus. Artinya, ini akan memengaruhi fungsi ginjal dalam hal penyaringan.Akibatnya, glomerulus tidak bisa bekerja dengan maksimal. Beberapa contoh obat golongan NSAID, antara lain ibuprofen, naproxen, celecoxib, dan aspirin.

3. Antiretroviral 

Antiretroviral adalah obat yang bisa digunakan untuk mengatasi HIV. Obat ini juga tergolong obat nefrotoksik yang berisiko merusak ginjal. Obat jenis antiretroviral berisiko merusak tubulus ginjal. Padahal, tubulus ginjal berfungsi menghilangkan limbah dari tubuh, termasuk sisa metabolisme dan obat-obatan. 

4. Hydralazine 

Hydralazine adalah obat yang digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Obat ini disebut juga vasodilator karena mampu merelaksasi pembuluh darah. Dengan begitu, aliran darah lebih lancar. Obat jenis ini juga termasuk obat-obatan nefrotoksik. Hydralazine bisa menyebabkan peradangan pada glomerulus (saringan kecil di ginjal). Kondisi ini bisa menyebabkan glomerulonefritis. 

5. Allopurinol

Obat untuk asam urat juga dapat bersifat nefrotoksik

Obat untuk asam urat juga dapat bersifat nefrotoksikAllopurinol dikenal sebagai obat asam urat. Obat ini juga dapat digunakan untuk mencegah penyakit asam urat atau gout. Allopurinol juga termasuk golongan obat nefrotoksik. Obat jenis ini bisa menyebabkan peradangan dan pembengkakan pada ginjal atau disebut dengan nefritis interstisial. Konsumsi allopurinol tanpa pengawasan bisa membuat kondisi tersebut berkembang menjadi penyakit ginjal.   

6. Sulfonamida

Sulfonamida, disebut juga obat sulfa, adalah obat yang mampu mengatasi infeksi bakteri. Konsumsi jenis obat ini juga bisa memicu timbulnya nefrotoksisitas. Sulfonamida bisa menghasilkan kristal yang tidak larut dalam urine dan mengendap di tubulus ginjal distal. Kondisi ini disebut dengan nefropati kristal yang menyebabkan jaringan parut hingga penyumbatan di ginjal. 

7. Ticlopidine

Ticlopidine adalah obat yang mampu mencegah penggumpalan darah. Jenis obat ini juga diketahui memiliki efek nefrotoksik yang mampu memengaruhi fungsi ginjal.Ticlopidine bisa menyebabkan mikroangiopati trombotik berupa kerusakan endotel vaskuler di ginjal. Kondisi ini disebabkan oleh reaksi sistem kekebalan tubuh yang dipicu oleh obat jenis ini. 

8. Statin 

Statin dikenal sebagai obat penurun kolesterol, sekaligus menurunkan risiko serangan jantung dan stroke. Namun, penggunaan jangka panjang statin diketahui memiliki efek samping, salah satunya gangguan ginjal.  Jenis obat ini bisa menyebabkan rhabdomyolysis. Artinya, obat-obatan jenis statin dapat menyebabkan kerusakan otot rangka yang berdampak pada pelepasan mioglobin. Mioglobin inilah yang bisa memicu kerusakan ginjal dan penyumbatan tubulus. Meski beberapa jenis obat di atas dapat memengaruhi fungsi ginjal, Anda tidak bisa begitu saja menghentikan konsumsinya jika dalam perawatan. Dokter biasanya telah mempertimbangkan risiko efek samping dan manfaat yang bisa Anda dapatkan dari konsumsi obat tertentu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *