STANDAR PELAYANAN (SP) PENGOBATAN UMUM
1. Service Delivery
No. |
Komponen |
Uraian |
1. | Persyaratan | – Kartu berobat/kunjungan
– Kartu BPJS (untuk peserta BPJS) – Kartu pengenal – Kartu rekam medik/ riwayat penyakit |
2. | Sistem, mekanisme dan prosedur | – Pasien datang, mendaftar di loket pendaftaran dengan menunjukkan kartu berobat dan melengkapi administrasi sesuai dengan jenis kunjungan
– Antri di ruang tunggu unit pelayanan – Pasien diarahkan ke poli umum – Dilakukan anamnesa kepada pasien – Dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang – Mendapatkan tindakan bila diperlukan – Diberikan resep obat sesuai diagnosa – Pasien diarahkan ke apotik – Membayar retribusi dan biaya yang lain di loket pendaftaran – Langsung pulang. |
3. | Jangka waktu pelayanan | 15 menit |
4. | Biaya / tarif | – Tidak dipungut biaya/gratis bagi peserta BPJS
– Pasien umum sesuai Peraturan Bupati Pamekasan Nomor 45 Tahun 2021 tentang Tarif Layanan BLUD UPT Dinas Kesehatan |
5. | Produk Pelayanan | – Pelayanan kesehatan umum/ rawat jalan
– Mendapatkan tindakan yang diperlukan – Mendapatkan resep sesuai diagnose – Mendapatkan rujukan bila diperlukan |
6. | Penanganan Pengaduan, saran dan masukan | Pengaduan pelayanan dapat disampaikan melalui:
|
2. Manufacturing
No. |
Komponen |
Uraian |
1. | Dasar Hukum | – Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2009 Nomor 112, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5038)
– Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan – Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 96 Tahun 2012 Tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik – Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penilaian Kinerja Unit Penyelenggara Pelayanan Publik – Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2019 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat |
2. | Sarana dan prasarana
|
– Set pemeriksaan umum
– CHN kit – Mebelair – Bahan habis pakai |
3. | Kompetensi pelaksana | – Dokter umum
– Tenaga keperawatan (DIII/S1/Ners) |
4. | Pengawasan Internal | – Kepala Puskesmas
– Kasubbag TU – Tim Audit Puskesmas – Tim Mutu Puskesmas – Dinas Kesehatan Kabupaten |
5. | Jumlah Pelaksana | – 4 orang |
6. | Jaminan Pelayanan | Dengan ini Kami menyatakan sanggup menyelenggarakan pelayanan sesuai standar pelayanan yang telah ditetapkan, dan apabila tidak menepati janji ini, Kami siap menerima sanksi sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku |
7. | Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan | Apabila tidak terpenuhi :
– Pemberian pelayanan khusus – Prioritas pelayanan |
8. | Evaluasi kinerja pelaksana | – Evaluasi melalui pralokmin dan lokmin bulanan
– Survey kepuasan masyarakat secara berkala satu tahun sekali – Evaluasi setiap semester dan satu tahun oleh Dinas Kesehatan Kabupaten |