STANDAR PELAYANAN (SP) PERSALINAN
1. Service Delivery
No. |
Komponen |
Uraian |
1. | Persyaratan | – Kartu berobat/kunjungan
– Kartu BPJS (untuk peserta BPJS) – Kartu pengenal – Kartu rekam medik/ riwayat penyakit |
2. | Sistem, mekanisme dan prosedur | – Petugas loket menerima, meneliti berkas persyaratan berobat dari pasien dan mencatat ke buku register kunjungan loket
– Petugas administrasi Kamar Bersalin menerima berkas Rekam Medik dan mencatat ke dalam buku register kunjungan pasien dan mempersilahkan pasien untuk diperiksa oleh dokter/ bidan – Keluarga/ penanggung jawab pasien menandatangani persetujuan tindakan medis – Dokter / bidan melakukan anamnesa, pemeriksaan kebidanan, mendiagnosa, dan melakukan penanganan sesuai prosedur dan obat – Dokter / bidan menulis resep / rujukan ke unit RI / ke Rumah Sakit – Petugas administrasi melengkapi catatan Rekam Medik dan menyerahkan resep / surat rujukan ke pasien atau keluarga pasien. |
3. | Jangka waktu pelayanan | 125 menit |
4. | Biaya / tarif | – Tidak dipungut biaya/gratis bagi peserta BPJS
– Pasien umum sesuai Peraturan Bupati Pamekasan Nomor 45 Tahun 2021 tentang Tarif Layanan BLUD UPT Dinas Kesehatan |
5. | Produk Pelayanan | – Pelayanan Persalinan |
6. | Penanganan Pengaduan, saran dan masukan | Pengaduan pelayanan dapat disampaikan melalui:
|
2. Manufacturing
No. |
Komponen |
Uraian |
1. | Dasar Hukum | – Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2009 Nomor 112, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5038)
– Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan – Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 96 Tahun 2012 Tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik – Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penilaian Kinerja Unit Penyelenggara Pelayanan Publik – Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2019 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat |
2. | Sarana dan prasarana
|
– Kursi dan Meja periksa
– Tempat tidur periksa – Meja Alat – Lemari Alat – Lemari obat – Timbangan Badan – Tabung Oksigen dan masker – Partus Set – Emergecy Kit |
3. | Kompetensi pelaksana | – Dokter Umum
– Tenaga fungsional bidan (DIII/ DIV/ S1) – Tenaga fungsional bidan trampil |
4. | Pengawasan Internal | – Kepala Puskesmas
– Kasubbag TU – Tim Audit Puskesmas – Tim Mutu Puskesmas – Dinas Kesehatan Kabupaten |
5. | Jumlah Pelaksana | – 4 orang |
6. | Jaminan Pelayanan
|
Dengan ini Kami menyatakan sanggup menyelenggarakan pelayanan sesuai standar pelayanan yang telah ditetapkan, dan apabila tidak menepati janji ini, Kami siap menerima sanksi sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku |
7. | Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan | Apabila tidak terpenuhi :
– Pemberian pelayanan khusus – Prioritas pelayanan |
8. | Evaluasi kinerja pelaksana | – Evaluasi melalui pralokmin dan lokmin bulanan
– Survey kepuasan masyarakat secara berkala satu tahun sekali – Evaluasi setiap semester dan satu tahun oleh Dinas Kesehatan Kabupaten |