STANDAR PELAYANAN (SP) KEFARMASIAN
1. Service Delivery
No. |
Komponen |
Uraian |
1. | Persyaratan | – Kartu berobat/kunjungan
– Kartu BPJS (untuk peserta BPJS) – Kartu pengenal – Kartu rekam medik/ riwayat penyakit |
2. | Sistem, mekanisme dan prosedur | – Petugas memberikan resep obat kepada petugas aptik
– Penderita menunggu panggilan ruang tunggu apotik – Petugas apotik memeriksa keaslian dan kelengkapan resep (nama obat, banyaknya obat, dosis obat, identitas pasien, alamat pasien) – Petugas apotik menyiapkan obat dan memberi etiket aturan pakai sesuai resep dokter dan mencatat di buku register serat kartu stok – Petugas memanggil nama penderita sesuai antrian obat yang sudah selesai disiapkan – Petugas memberikan obat yang sudah siap dengan memastikan identitas dan alamat pasien sudah benar – Pasien pulang |
3. | Jangka waktu pelayanan | 10 menit |
4. | Biaya / tarif | – Tidak dipungut biaya/gratis bagi peserta BPJS
– Pasien umum sesuai Peraturan Bupati Pamekasan Nomor 45 Tahun 2021 tentang Tarif Layanan BLUD UPT Dinas Kesehatan |
5. | Produk Pelayanan | – Pelayanan Kefarmasian |
6. | Penanganan Pengaduan, saran dan masukan | Pengaduan pelayanan dapat disampaikan melalui:
|
2. Manufacturing
No. |
Komponen |
Uraian |
1. | Dasar Hukum | – Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2009 Nomor 112, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5038)
– Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan – Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 96 Tahun 2012 Tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik – Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penilaian Kinerja Unit Penyelenggara Pelayanan Publik – Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2019 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat |
2. | Sarana dan prasarana
|
– Obat E katalog dan Non Katalog
– Peralatan kamar obat (Penggerus obat, tempat sampah) – Peralatan gedung obat (Palet, Rak obat, Lemari narkotika) – Mebelair – Bahan habis pakai (Plastik obat, Kertas puyer) |
3. | Kompetensi pelaksana | – Tenaga teknis (Asisten Apoteker/ DIII/ S1 Kefarmasian)
– Tenaga Apoteker |
4. | Pengawasan Internal | – Kepala Puskesmas
– Kasubbag TU – Tim Audit Puskesmas – Tim Mutu Puskesmas – Dinas Kesehatan Kabupaten |
5. | Jumlah Pelaksana | – 1 orang |
6. | Jaminan Pelayanan
|
Dengan ini Kami menyatakan sanggup menyelenggarakan pelayanan sesuai standar pelayanan yang telah ditetapkan, dan apabila tidak menepati janji ini, Kami siap menerima sanksi sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku |
7. | Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan | Apabila tidak terpenuhi :
– Pemberian pelayanan khusus – Prioritas pelayanan |
8. | Evaluasi kinerja pelaksana | – Evaluasi melalui pralokmin dan lokmin bulanan
– Survey kepuasan masyarakat secara berkala satu tahun sekali – Evaluasi setiap semester dan satu tahun oleh Dinas Kesehatan Kabupaten |