STANDAR PELAYANAN (SP) LABORATORIUM
1. Service Delivery
No. |
Komponen |
Uraian |
1. | Persyaratan | – Kartu berobat/kunjungan
– Kartu BPJS (untuk peserta BPJS) – Kartu pengenal – Kartu rekam medik/ riwayat penyakit |
2. | Sistem, mekanisme dan prosedur | – Pasien rujukan dari unit pelayanan (Pengobatan umum, KIA/KB, Gilut, Rawat Inap dan UGD )
– Antri di ruang tunggu unit pelayanan – Petugas mengantar pasien ke Ruang Laboratorium dengan membawa rujukan dari poli – Pasien mendapatkan tindakan pemeriksaan laboratorium sesuai rujukan – Setelah pemeriksaan hasil diserahkan ke unit yg merujuk – Setelah tindakan pasien diarahkan ke apotik – Membayar retribusi dan biaya yang lain di apotik – Langsung pulang |
3. | Jangka waktu pelayanan | 30 menit |
4. | Biaya / tarif | – Tidak dipungut biaya/gratis bagi peserta BPJS
– Pasien umum sesuai Peraturan Bupati Pamekasan Nomor 45 Tahun 2021 tentang Tarif Layanan BLUD UPT Dinas Kesehatan |
5. | Produk Pelayanan | – Pemeriksaan laboratorium lengkap |
6. | Penanganan Pengaduan, saran dan masukan | Pengaduan pelayanan dapat disampaikan melalui:
|
2. Manufacturing
No. |
Komponen |
Uraian |
1. | Dasar Hukum | – Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2009 Nomor 112, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5038)
– Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan – Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 96 Tahun 2012 Tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik – Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penilaian Kinerja Unit Penyelenggara Pelayanan Publik – Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2019 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat |
2. | Sarana dan prasarana
|
– Set peralatan utama
– Set peralatan gelas – Set peralatan K3 – Mebelair – Bahan habis pakai |
3. | Kompetensi pelaksana | – DIII/S1 Analis Laboratorium Kesehatan |
4. | Pengawasan Internal | – Kepala Puskesmas
– Kasubbag TU – Tim Audit Puskesmas – Tim Mutu Puskesmas – Dinas Kesehatan Kabupaten |
5. | Jumlah Pelaksana | – 2 orang |
6. | Jaminan Pelayanan
|
Dengan ini Kami menyatakan sanggup menyelenggarakan pelayanan sesuai standar pelayanan yang telah ditetapkan, dan apabila tidak menepati janji ini, Kami siap menerima sanksi sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku |
7. | Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan | Apabila tidak terpenuhi :
– Pemberian pelayanan khusus – Prioritas pelayanan |
8. | Evaluasi kinerja pelaksana | – Evaluasi melalui pralokmin dan lokmin bulanan
– Survey kepuasan masyarakat secara berkala satu tahun sekali – Evaluasi setiap semester dan satu tahun oleh Dinas Kesehatan Kabupaten |