• Ming. Apr 28th, 2024

UPT PUSKESMAS KADUR

Media Data & Informasi Puskesmas Kadur

Inovasi Si Doel Perkasa (Strategi Dokter Periksa Kandungan Ke Desa)

Byadmin

Jan 2, 2022

Masalah utama kesehatan yang sedang tren di jawa timur adalah tingginya angka kematian ibu dan bayi. Untuk mengatasi masalah tersebut perlu dilakukan kegiatan dan program inovasi agar masalah tersebut segera tertangani. Untuk kecamatan kadur pada tahun 2021 AKI 1 orang  dan AKB 1 bayi di ,Sedangkan untuk angka persalinan  dukun tahun 2020 sebanyak 105 persalinan dukun dan meningkat menjadi 134 persalinan dukun pada tahun 2021.

Untuk menyelesaikan masalah tersebut maka dibentuklah inovasi  “SI DOEL PERKASA ‘ ( Strategi dokter periksa kandungan ke desa) . inisiator program ini adalah coordinator program KIA-KB , dengan identifikasi masalah dan penyebab, mencari solusi dan peluang pengembangan inovasi dan pengganggaran program kegiatan.

Tujuan dari inovasi ini adalah untuk menurunkan angka persalinan yang ditolong oleh dukun.  Aspek kreatif dan inovatif dari program ini yaitu metode menggunakan pemeriksaan kehamilan dan penyuluhan tentang kehamilan serta persalinan yang aman dan nyaman oleh tim dari puskesmas kepada ibu hamil, suami dan keluarga dengan mendatangi atau memeriksa langsung ibu hamil ke desa( rumah ibu hamil). Tidak lagi hanya menjadi tugas dari bidan desa untuk menangani tingginya angka persalinan oleh dukun, tetapi koordinasi yang kuat antar tim dari  berbagai pihak juga menjadi prioritas untuk mendukung inovasi ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *